Berbahasa Baik dan Bisa Dimengerti Itu Penting

in esteem •  last year  (edited)


Gambar oleh Urbanoir net dari Pixabay

Budiman dan Iwan terlihat sedang berjalan pulang sambil agak keringatan, setelah ikut Upacara Sumpah Pemuda di sekolahannya. Sebuah Sekolah Menengah Atas Katolik di kotanya.

Iwan berparas ganteng dengan tubuh tegap dan tinggi yang semampai kayak pemain basket. Sedangkan Budiman, agak kalem dan gemulai, putih kulitnya, imut wajahnya tapi jangan salah dia itu lelaki tulen.

Kemarin, ternyata hasil ulangan mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah dibagikan oleh Bu Lis, sang maha guru Bahasa Indonesia di sekolahan, begitu julukannya.

"Wan lu ulangan Bahasa Indonesia dapat berapa?" Budiman bertanya dengan penasaran kepada Iwan.

"Ya.... dapat cendol dawet gitulah!"

"Cendol dawet kayak lagu aja lu Wan."

"Cendol...cendol..cendol..dawet..dawet..dawet!" Iwan berjalan sambil menirukan gaya tarian Nella Kharisma, penyanyi pantura ketika menyanyikan lagu Pamer Bojo Cendol Dawet, modifikasi dari lagu bikinan Didi Kempot.

"Eh...! Serius Wan dapat berapa?"

"Biasa dapat sewidak lah!"

"Lumayanlah... tapi lu kalah sama aku, delapan puluh lah!" Budiman tersenyum sumringah.

"Kata Bu Lis, berbahasa Indonesia yang baik penting itu."

"Penting gimana Bud?" mata Iwan memicing dengan penasaran.

"Yah penting katanya biar orang yang kita ajak bicara ngerti dan juga jadi pemersatu bangsa"

"Oooh.... Gitu!"

Tiba-tiba Iwan merogoh kantong celananya dan mengambil HP smartphone Xiaomi-nya , merk kesayangannya (catatan : teman-teman sekolahnya kagak ada yang berani nawarin HP merk lain, nih anak penggemar berat Xioami). Kemudian ia membuka-buka galeri yang ada di smartphone dan menunjukkan sebuah gambar kepada Budiman. Gambar yang didapat dari status Facebook seseorang bernama Budiman Hakim.


Sumber gambar dari Facebook

Gambar itu terdapat kutipan sebuah tulisan:

"Pranala yang ada di peladen, aku surel narahubungmu tapi ia luring. Seharusnya gawainya selalu daring agar komunikasi sangkil dan mangkus."

"Nah, ini salah satu contoh bagaimana berbahasa Indonesia dengan baik" kata Iwan sambil memperlihatkan gambar itu kepada Budiman.

"Lu ngerti.. nggak?" tanya Iwan.

"Duh... kok jadi ruwet gitu ya?" dahinya Budiman jadi agak berkerut pertanda ia sedang berpikir keras.

"Nah itu dia, berbahasa Indonesia yang baik belum tentu dimengeti sama orang lain." sahut Iwan.

"Terus gimana Wan?"

"Yah... pada intinya pergunakan bahasa Indonesia baik yang bisa dimengerti orang lain."

"Tapi itu gambar tadi kan sudah menggunakan bahasa Indonesia yang baik."

"Bud... tapi lu ngerti nggak arti kata-kata yang ada di gambar itu tadi?"

"Kagak ngerti."

"Yaahh.... begini Bud, kita boleh berbahasa Indonesia yang baik asal orang lain itu bisa mengerti."

"Dah.. gitu aja Bud, daripada lu pusing-pusing mikirin gambar tadi." Iwan sengaja mencoba menghentikan percakapan ini, karena ia tahu Budiman ini terkenal sebagai raja ngeyel, kalau tidak dihentikan bisa berjam-jam mendengarkan celotehannya.

Untungnya pada saat itu juga Budiman dipanggil oleh ibunya dari seberang jalan dan diminta pergi belanja kebutuhan dapur untuk hari itu.(hpx)

Catatan :

Sewidak = enam puluh

Ngeyel = suka bantah

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Kami telah reblog yah ke ribuan follower.. :> Trim's sudah memvoting @puncakbukit sebagai witness anda.

Hi @happyphoenix!

Your post was upvoted by @steem-ua, new Steem dApp, using UserAuthority for algorithmic post curation!
Your UA account score is currently 4.741 which ranks you at #1587 across all Steem accounts.
Your rank has not changed in the last three days.

In our last Algorithmic Curation Round, consisting of 97 contributions, your post is ranked at #20.

Evaluation of your UA score:
  • Some people are already following you, keep going!
  • The readers appreciate your great work!
  • Try to work on user engagement: the more people that interact with you via the comments, the higher your UA score!

Feel free to join our @steem-ua Discord server