Aceh Anthropological Journal Gelar Pelatihan Menulis Artikel

in hive-193562 •  2 months ago 



Lhokseumawe- Aceh Anthropological Journal (AAJ), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, menggelar Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah 2020.

Kegiatan pelatihan yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut dilaksanakan Rabu (2/9/2020), dibuka Ketua Prodi Antropologi Fisip Universitas Malikussaleh, Abdullah Akhyar Nasution, M.Si, dengan menghadirkan dua pemateri dari Fisip Unimal, Rizki Yunanda, M.Si dan Richa Meliza, M.Ant.

Akhyar Nasuition dalam kata sambutannya mengatakan, kemampuan menulis sangat penting dimiliki mahasiswa untuk mengintrepresentasikan hasil penelitian dan pengetahuannya. Karena itu ia mengharapkan mahasiswa mengikuti pelatihan tersebut dengan serius.

Menurut Akhyar, menulis bagi mahasiswa bukan hanya pelengkap ritualitas akademik semata, tetapi menjadi hal yang perlu ditelateni di dalam mengaktualisasikan kemampuan dan pengetahuannya. Karena hasil karya tulis seorang mahasiswa merupakan wujud dari kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki.

“Mengingat pentingnya kemampuan menulis, terutama menulis artikel jurnal ilmiah ini, kami harapkan kepada mahasiswa Antropologi Unimal, untuk lebih serius mengikuti proses pelatihan ini, agar memiliki kemampuan menulis yang baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan jurnal yang benar,” ujar Abdullah Akhyar Nasution membuka acara secara resmi.

Pemimpin Redaksi AAJ, Dr Ibrahim Chalid, mengatakan dunia mahasiswa sangat identik dengan menulis. Karena dengan menulis mahasiswa terlatih kemampuannya dalam menyampaikan gagasannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang sistematis, objektif, dan empiris.

“Perguruan tinggi dengan lingkungan akademiknya tidak terlepas dari kegiatan riset dan publikasi ilmiah. Oleh karena itu, kita sangat menginginkan agar halaman artikel di Aceh Antropologi Journal lebih banyak diisi oleh mahasiswa Antropologi Unimal,” terang Ibrhaim Chalid.

Rizki Yunanda selaku pemateri pertama yang menyampaikan masalah penulisan artikel jurnal, membahas bagaimana metode menulis artikel jurnal ilmiah yang benar serta sesuai dengan modelnya. Baik dari segi penulisan judul, penggunaan kalimat serta bagaimana memunculkan gagasan-gagasan penting dalam setiap paragraf jurnal.

Sementara itu, pemateri kedua Richa Meliza, menyampaikan pengetahuan tentang pola pengisian dan ruang-ruang menu yang ada pada template sebuah jurnal. Hal itu menurutnya sangat penting diketahui mahasiswa atau siapa saja yang akan mengisi karya tulisnya di jurnal ilmiah.

Selain sebagai kegiatan Prodi, pelatihan ini juga menjadi bagian dari aktualisasi dalam pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil bagi Iromi Ilham, Dosen di Prodi Antropologi yang mengangkat isu tentang "Optimalisasi Tata Kelola Aceh Anthropological Journal Menuju Jurnal Ilmiah berkualitas".

Sebagai inisiator acara, Iromi mengharapkan bahwa pelatihan ini menjadi salah satu cara dalam meningkatkan daya tulis mahasiswa, khususnya di prodi Antropologi dalam mengekspresikan dan menyebarkan pengetahuan yang mereka miliki, yang pada akhirnya juga akan berdampak pada kualitas jurnal yang dimiliki Prodi Antropologi.

Mahasiswa terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Hal itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang masuk dari peserta tentang bagaimana menulis artikel jurnal yang baik serta teknik dalam membuat tulisan yang berkualitas dan juga cara mengisi tulisan pada jurnal. [mgd]



Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!